indralstr16

Jumat, 27 Mei 2011

paragraf

 Contoh Paragraf Induktif
Di era zaman globalisasi ini, banyak orang yang memiliki sepeda motor. Itu disebabkan karena sekarang mereka bisa memiliki sepeda motor dengan cepat dan mudah. Agar tidak datang terlambat, banyak orang yang berangkat bekerja dengan mengendarai sepeda motor. Bahkan anak sekolah pun tidak mau kalah. Mereka berangkat ke sekolah memilih mengendarai sepeda motor. Begitu juga dengan ibu-ibu. Untuk pergi ke pasar saja, mereka menggunakan sepeda motor. Hal ini menunjukkan bahwa sepeda motor merupakan barang yang sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.

Gagasan utama paragraf tersebut terdapat diakhir paragraf (Induktif), yaitu sepeda motor merupakan barang yang sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.

 Contoh Paragraf Deduktif
Penggunaan bahasa Indonesia di seluruh Indonesia dewasa ini belum dapat dikatakan seragam. Perbedaan dalam struktur kalimat, lagu kalimat, dan ucapan terlihat dengan mudah. Pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa pergaulan sering dikalahkan oleh bahasa daerah.
Di lingkungan persuratkabaran, radio, dan televisi sudah terjaga dengan baik. Para pemuka kitapun pada umumnya belum memperlihatkan penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Fakta-fakta di atas menunjukan bahwa pengajaran bahasa Indonesia perlu ditingkatkan.
Gagasan utama paragraf tersebut terdapat diawal paragraf (Deduktif), yaitu Penggunaan bahasa Indonesia di seluruh Indonesia belum seragam.

 Contoh Paragraf Campuran (Induktif – Deduktif)
Fungsi tanda baca penting sekali dalam bahasa tertulis. Misalnya pemakaian koma sebagai salah satu tanda baca yang cukup banyak terpakai. Kalimat yang tidak menggunakan tanda koma menurut yang semestinya bisa menyebabkan pembaca tidak mengerti atau mungkin bisa menimbulkan salah pengertian. Misalnya kalimat, “Kucing makan tikus mati di dapur” dapat menimbulkan bermacam-macam penafsiran. Apakah yang mati itu kucing atau tikus? Begitu pula halnya dengan tanda baca yang lainnya, seperti: tanda titik, titik dua, titik koma, dan sebagainya. Jadi, jelaslah bagi kita bahwa tanda baca itu sangat penting fungsinya dalam bahasa tertulis.

Gagasan utama paragraf tersebut terdapat diawal dan di akhir kalimat (campuran/ induktif – deduktif), yaitu Fungsi tanda baca penting sekali dalam bahasa tertulis. Serta Jadi, jelaslah bagi kita bahwa tanda baca itu sangat penting fungsinya dalam bahasa tertulis.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda