ISTILAH-ISTILAH DALAM E-COMMERCE
Digital atau electronic cash: juga dikenal sebagai e-cash, istilah ini ditujukan
untuk beberapa pola / metoda yang memungkinkan seseorang untuk membeli barang
atau jasa dengan cara mengirimkan nomor dari satu komputer ke komputer yang
lain. Nomor tersebut, seperti yang terdapat di mata uang, di isukan oleh sebuah
bank dan merepresentasikan sejumlah uang betulan. Salah satu kelebihan yang
dibawa oleh digital cash adalah sifatnya yang anonymous dan dapat di pakai
ulang, seperti uang cash biasa. Hal ini merupakan perbedaan utama antara e-cash
dengan transaksi kartu kredit melalui Internet.
Digital money: adalah terminologi global untuk berbagai e-cash dan
mekanisme pembayaran elektronik di Internet.
Disintermediation: adalah proses untuk memotong jalur perantara. Kira-kira
pada saat perusahaan yang berbasiskan web membypass kanal retail tradisional
dan menjual secara langsung ke pelanggan / pembeli, maka perantara tradisional
– seperti toko dan jasa mail order – akan kehilangan pekerjaan.
Electronic checks: pada saat
ini sedang di ujicoba oleh CyberCash http://www.cybercash.com/, sistem check elektronik seperti PayNow akan
mengambil
uang dari account check di bank pelanggan untuk membayar PAM atau telepon.
Electronic
wallet: Pola pembayaran – seperti CyberCash Internet Wallet http://www.cybercash.com/, akan menyimpan nomor kartu
kredit anda di harddisk anda dalam bentuk terenkripsi yang aman. Anda akan dapat melakukan pembelian-pembelian
pada situs Web yang mendukung electronic wallet tersebut. Jika anda ingin
membeli sesuatu pada toko yang mendukung electronic wallet, maka pada saat
menekan tombol Pay maka proses pembayaran melalui kartu kredit akan dilakukan
transaksinya secara aman oleh server perusahaan electronic wallet. Vendor
browser pada saat ini telah berusaha untuk melakukan negosiasi untuk memasukan
teknologi e-wallet tadi ke produk mereka.
Extranet: adalah sebuah kelanjutan dari intranet perusahaan yang
mengkaitkan jaringan internal satu perusahaan dengan jaringan internal supplier
mereka maupun pelanggan mereka. Dengan cara itu sangat mungkin untuk
mengembangkan aplikasi e-commerce yang memungkinkan menyambungkan semua aspek
bisnis, dari proses pemesanan hingga pembayaran.
Micropaymet: transaksi dalam jumlah kecil antara beberapa ratus
rupiah hingga puluhan ribu rupiah, misalnya untuk mengambil / mengakses grafik,
game maupun informasi. Pay-as-you-go
micropayment seharusnya akan membuat revolusi di dunia e-commerce. Contohnya
ESPN SportsZone http://espn.sportszone.com/ menggunakan CyberCoin untuk
membayar US$1 untuk mengaskses situs mereka selama satu hari – tanpa perlu
membayar penuh langganan bulanan. Kenyataan di lapangan sebagian besar
pelanggan yang potensial tidak terlalu bersedia untuk bermain-main dengan
micropayment.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda